Dampak Perubahan Iklim: Es Arktika Mencair, Rute Pelayaran Berubah

 

 Dengan perubahan iklim yang sangat cepat memanaskan lautan di dunia, masa depan Samudra Arktika terlihat suram. Model iklim menunjukkan bahwa bagian Kutub Utara yang pernah tertutup es sepanjang tahun ini memanas begitu cepat sehingga mereka akan bebas es selama berbulan-bulan hanya dalam dua dekade saja.

Iklim Arktika yang berubah akan membahayakan spesies yang tak terhitung jumlahnya yang tumbuh subur di suhu di bawah nol derajat, kata para ilmuwan.

Konsekuensi kritis lain dari mencairnya es di Kutub Utara adalah potensi rute perdagangan maritim yang lebih pendek dan lebih ramah lingkungan yang melewati Rute Laut Utara yang dikuasai Rusia.

Dalam sebuah studi baru, sepasang ilmuwan iklim di Brown University bekerja dengan seorang sarjana hukum di Fakultas Hukum Universitas Maine berusaha memprediksi bagaimana pencairan es Samudra Arktika dapat memengaruhi regulasi rute pelayaran selama beberapa dekade mendatang. Mereka memproyeksikan bahwa pada tahun 2065, kemampuan navigasi Arktika akan meningkat pesat sehingga dapat menghasilkan rute perdagangan baru di perairan internasional. Ini tidak hanya mengurangi jejak karbon industri perkapalan tetapi juga melemahkan kontrol Rusia atas perdagangan di Arktika.

Hasil studi ini telah diterbitkan pada 21 Juni 2022 di jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences dengan menyertakan judul "The interaction of ice and law in Arctic marine accessibility".

"Tidak ada skenario di mana pencairan es di Kutub Utara adalah kabar baik," kata Amanda Lynch, penulis utama studi tersebut dan profesor ilmu Bumi, lingkungan, dan planet di Brown. "Tetapi kenyataan yang tidak menguntungkan adalah bahwa es sudah surut, rute-rute ini terbuka, dan kita perlu mulai berpikir kritis tentang implikasi hukum, lingkungan, dan geopolitik," imbuhnya.

Lynch, yang telah mempelajari perubahan iklim di Kutub Utara selama hampir 30 tahun, mengatakan bahwa sebagai langkah pertama, dia bekerja dengan Xueke Li, rekan penelitian pascadoktoral di Institut di Brown for Environment and Society, untuk memodelkan empat skenario navigasi berdasarkan empat kemungkinan hasil dari tindakan global untuk menghentikan perubahan iklim di tahun-tahun mendatang.

Proyeksi mereka menunjukkan bahwa kecuali para pemimpin global berhasil membatasi pemanasan hingga 1,5 derajat Celcius selama 43 tahun ke depan, maka perubahan iklim kemungkinan akan membuka beberapa rute baru melalui perairan internasional pada pertengahan abad ini.

Menurut Charles Norchi, direktur Center for Oceans and Coastal Law di Maine Law, seorang peneliti tamu di Brown's Watson Institute for International and Public Affairs, dan salah satu rekan penulis studi tersebut, mengatakan bahwa perubahan tersebut dapat memiliki implikasi besar bagi perdagangan dunia dan politik global.

Norchi menjelaskan bahwa sejak 1982, Konvensi Perserikatan Bangsa-Bangsa tentang Hukum Laut telah memberi negara-negara pesisir Arktika otoritas yang lebih besar atas rute pelayaran utama. Pasal 234 konvensi menyatakan bahwa atas nama "pencegahan, pengurangan dan pengendalian pencemaran laut dari kapal", negara-negara yang garis pantainya berada di dekat rute pelayaran Arktika memiliki kemampuan untuk mengatur lalu lintas laut rute tersebut, selama daerah tersebut tetap tertutup es untuk sebagian besar tahun.

"Rute Arktika baru yang potensial ini adalah hal yang berguna untuk dipertimbangkan ketika Anda mengingat saat ketika kapal Ever Given terdampar di Terusan Suez, memblokir rute pelayaran penting selama beberapa minggu," kata Lynch. "Diversifikasi rute perdagangan, terutama mengingat rute baru yang tidak dapat diblokir, karena bukan kanal dapat memberikan infrastruktur perkapalan global lebih banyak ketahanan."

"Menandai perubahan yang akan datang ini sekarang dapat membantu mencegahnya muncul sebagai krisis yang harus diselesaikan dengan cepat, yang hampir tidak pernah berjalan dengan baik," kata Lynch. "Untuk benar-benar membuat perjanjian internasional dengan beberapa pemikiran dan pertimbangan jelas merupakan cara yang lebih baik untuk dilakukan," pungkasnya.

Dan lebih baik mengajukan pertanyaan tentang masa depan pelayaran sekarang, kata Lynch, daripada nanti, mengingat berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menetapkan hukum internasional. (Untuk konteks, katanya, butuh 10 tahun bagi pemerintah dunia untuk merundingkan Konvensi Hukum Laut.)

Lynch berharap memulai pembicaraan tentang masa depan perdagangan Arktika dengan penelitian ilmiah yang baik dapat membantu para pemimpin dunia membuat keputusan yang tepat tentang melindungi iklim bumi dari bahaya di masa depan.

Comments

Popular posts from this blog

Makhluk Misterius Terlihat di Hamburg

Kisah Ratu Juana, Si Gila dari Kastila

Rekaman putri duyung di Polandia